rss_feed

Kalurahan Sendangadi

ꦥꦼꦩꦼꦫꦶꦤ꧀ꦠꦃ ꦏꦭꦸꦫꦲꦤ꧀ ꦱꦼꦤ꧀ꦢꦁ ꦲꦢꦶ

Jl. Magelang No.7,5, Mlati Glondong, Sendangadi
Kapanewon Mlati Kabupaten Sleman Provinsi Di Yogyakarta
Kode Pos 55285

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.
fingerprint
Cara Import Database Fitur Kependudukan Aplikasi OpenSID

19 Apr 2022 12:41:46 65 Kali

Fitur Impor Data Kependudukan

Data penduduk dapat diimpor secara massal melalui fitur Impor Data Kependudukan. Data penduduk yang ingin dimasukkan ke database SID dimasukkan dulu ke dalam file Excel dan kemudian diimpor. Fitur Impor Data Kependudukan ini umumnya dipakai untuk memasukkan data penduduk awal, yang disiapkan sendiri oleh desa, pada saat mulai menerapkan SID di desa.

Untuk menampilkan laman Impor Data Kependudukan di modul Administrasi, klik Database > Impor Data Kependudukan, seperti gambar di bawah ini.

Laman itu menampilkan petunjuk pengisian data penduduk pada file Excel yang akan diimpor. Penjelesan itu juga memberikan tautan file Excel yang berisi urutan kolom pengisian data dan daftar kode yang perlu digunakan. Tautan itu ditunjukkan pada gambar di atas.

File pada tautan itu dapat dipergunakan untuk mengisi data penduduk yang akan diimport. File Excel tersebut berisi fitur untuk menampilkan daftar kode pada waktu mengisi data penduduk, seperti terlihat di gambar berikut. Pastikan macro diaktifkan (Enable Macros) saat membuka file Excel tersebut.

Setelah mengisi data pada file Excel sesuai dengan contoh format yang sudah ada, selanjutnya klik tombol “Browse” untuk memilih file Excel yang telah anda siapkan untuk diimport.

Setelah memilih file Excel yang akan diimpor, Apabila data penduduk yang ada dalam database SID ingin dihapus dulu sebelum mengimpor yang baru, centang checkbox yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Jangan dicentang apabila data yang diimpor akan ditambahkan pada data penduduk yang sudah ada, maka akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini:

Klik tombol “Impor Data Penduduk” untuk mengimpor file pilihan anda. Lamanya proses impor ini tergantung jumlah data yang diimport, kemampuan perangkat komputer serta kecepatan jaringan internet (apabila instalasi SID ada di server hosting).

Berikut tampilan gambar proses impor data setelah anda klik “Impor Data Penduduk”:

Setelah selesai proses impor terdapat informasi data yang telah diimpor, seperti gambar dibawah ini.

Data Yang Ada Menggunakan Teks Bukan Kode

Ada desa yang melaporkan mereka memiliki data penduduk yang sudah tersedia sebelumnya di mana isian kolomnya tidak menggunakan kode, tetapi menggunakan tulisannya. Misalnya, kolom Jenis Kelamin berisi tulisan ‘LAKI-LAKI’ atau
‘PEREMPUAN’ dan bukan kode ‘1’ atau ‘2’. Dalam hal ini, data tersebut dapat dikonversi menggunakan berkas di tautan berikut:

LINK GOOGLE SHEETS INI.

Copy data Penduduk di File Excel anda lalu paste data penduduk tersebut ke dalam sheet Data Penduduk. Data yang siap di Copy kembali kedalam Excel ada di Sheet Export Data Penduduk . Semua Data yang anda Paste ke Sheet DATA PENDUDUK akan, secara otomatis, berisi data menggunakan kode yang siap impor. Copykan Kembali Data yang terdapat di sheet Export Data Penduduk ke berkas excel baru. Pastikan anda menggunakan format Excel 2003, ketika menyimpan data excel tersebut barulah data tersebut dapat digunakan untuk diimpor menggunakan fitur Impor Data Kependudukan.

PASTIKAN UNTUK MENGHAPUS DATA PENDUDUK YANG SUDAH SI COPY KE GOOGLE SHEETS. Mengingat File tersebut bisa diakses oleh Publik, akan sangat riskan membiarkan data masih tersedia di google sheets

Ketentuan Data

File Excel yang dipergunakan untuk mengimpor data penduduk perlu mengikuti ketentuan berikut:

  • Boleh menggunakan tanda ‘ (petik satu) dalam penggunaan nama,
  • Kolom Nama, Dusun, RW, RT dan NIK harus diisi. Tanda ‘-‘ bisa dipakai di mana RW atau RT tidak diketahui atau tidak ada,
  • NIK dan Nomor KK harus didahului dengan tanda ‘ (petik satu) agar menjadi text pada cell Excel bukan bilangan (yang dibulatkan),
  • NIK harus bilangan dengan 16 angka atau 0 untuk menunjukkan belum ada NIK,
  • Data (Jenis Kelamin, Agama, Pendidikan, Pekerjaan, Status Perkawinan, Status Hubungan dalam Keluarga, Kewarganegaraan, Golongan darah, Jamkesmas, raskin, klasifikasi sosial ekonomi) terwakili dengan Kode Nomor. Misal : laki-laki terwakili dengan nomor 1 dan perempuan dengan nomor 2.
  • Kolom Tanggal Lahir sebaiknya menggunakan format yyyy-mm-dd (misalnya 1978-03-28). Format tanggal juga boleh yyyy/mm/dd (misalnya 1978/03/28), tetapi jika hasilnya salah (misalnya ada tanggal yang menjadi 1 January 1970), sebaiknya ubah dulu formatnya menjadi yyyy-mm-dd.

Rilis OpenSID menyediakan contoh file Excel yang dapat dipergunakan untuk memasukkan data penduduk yang akan diimpor. File ini, di folder assets/import/FormatImportExcel.xls, menyediakan fitur yang memudahkan pemasukkan data.

Perhatian

Bila data yang diimpor akan ditambahkan (yaitu data yang ada tidak dihapus dulu), maka ketentuan berikut berlaku:

  • Apabila di database sudah ada penduduk dengan NIK sama, maka data penduduk tersebut akan di-update dengan data yang diimport
  • Pada waktu mengupdate data penduduk yang sudah ada, kolom data (misalnya Nama Ayah) tidak akan diupdate apabila kolom data tersebut kosong di baris file Excel yang sedang diimpor. Yaitu, hanya kolom data yang berisi yang akan diupdate.

Apabila anda mengalami masalah pada waktu Impor Data Kependudukan, coba lihat lihat laman Error Impor Data Kependudukan. Laman itu menjelaskan error yang sering dialami dan cara menanganinya.

Berikut adalah Video Tutorial Cara Pengisian Import/Upload Database Penduduk dengan format Excel pada Aplikasi OpenSID :

Sendangadi – Selasa (05/04/2022), Pemerintah Kalurahan Sendangadi bersama Jajaran Muspika Mlati melaksanakan Kegiatan Safari Tarawih Keliling (Tarling) di Masjid Baiturrahman, Padukuhan Mraen Kalurahan Sendangadi, Kapanewon Mlati. Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah, Pamong, Babhinkamtibmas, dan Babinsa Kalurahan Sendangadi. Sedangkan dari Jajaran Muspika Mlati dihadiri oleh Panewu Mlati, Kapolsek Mlati, Danramil Mlati, dan perwakilan KUA Mlati.

Setelah melaksanakan Shalat Isya dan Shalat Tarawih berjamaah kemudian dilanjutkan Sambutan dari Lurah Sendangadi Bapak Sugengno, Panewu Mlati Drs. Arifin, M.Laws, Kapolsek Mlati Kompol Andhies F. Utomo, S.T., S.I.K.

Pada kesempatan akhir acara pelaksanaan Tarling, Bapak Lurah Sendangadi memberikan bantuan uang tunai senilai Rp 2.000.000,- untuk infak pembangunan Masjid Baiturrahman, dan Rp 1.000.000,- untuk bantuan konsumsi kegiatan. Dari Polsek Mlati menyerahkan bantuan berupa 100 paket beras untuk warga Padukuhan Mraen.

Acara ditutup dengan ceramah Bulan Ramadhan oleh Ustadz Surahmat S.Ag. M.S.I dari KUA Kapanewon Mlati.

Dokumen Lampiran : SAFARI TARAWIH KELILING PEMERINTAH KALURAHAN SENDANGADI BERSAMA MUSPIKA MLATI

 

 

 

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

folder Arsip Artikel


share Sinergi Program

insert_photo Album Galeri

account_circle Aparatur Kalurahan

message Komentar Terkini

  • person Penduduk Biasa

    date_range 14 September 2016 06:09:16

    Selamat atas keberhasilan Senggigi merayakan Hari Kemerdeakaan [...]

contacts Info Media Sosial

map Wilayah Kalurahan

Alamat : Jl. Magelang No.7,5, Mlati Glondong, Sendangadi
Kalurahan : Sendangadi
Kapanewon : Mlati
Kabupaten : Sleman
Kodepos : 55285
Telepon :
Email :

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:262
Kemarin:230
Total Pengunjung:42.201
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.235.140.84
Browser:Tidak ditemukan
  • Sugengno

    Lurah

  • Parjiyono, S.Sos

    Carik

  • Isma Nur Pratama

    Jagabaya

  • Ardy Dewantoro

    Ulu-ulu

  • Banar Wardaya, S.Pd

    Kamituwo

  • Huda Sabar Udin, SH

    Kaur Danarta

  • Wisnu Sasongko

    Kaur Pangripta

  • Harjuna P.H, S.Pd

    Kaur Tata Laksana

settings Pengaturan Layar